Perkuat Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Tim Mentoring AIK FISIP UMJ Gelar MABIT Gelombang I Bagi Mahasiswa

Cireundeu – Kegiatan Mentoring Akbar dan Malam Bina Iman & Taqwa (MABIT) Gelombang I diadakan oleh Tim Mentoring AIK FISIP UMJ pada tanggal 24-25 Desember 2022 di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tema kegiatan tersebut adalah “Refleksi Pengamalan Ilmu Menuju Keakraban Spiritual dan Keluhuran Akhlak Dalam Bingkai Kampus Islami”. Kegiatan MABIT Gelombang I diikuti sebanyak 65 peserta mahasiswa FISIP UMJ Angkatan 2022 yang terbagi dalam 7 kelompok dan keseluruhan peserta adalah kelas mentoring A. Kegiatan tersebut sebagai bentuk pengenalan dan upaya mewujudkan terbentuknya nilai-nilai islam dalam kehidupan kampus, dimana didalamnya selain materi tentang Kemuhammadiyahan, Ibadah sesuai tuntunan Rasulullah ﷺ  dan membentuk budaya Kampus Islami juga terdapat shalat Qiyamul Layl berjama’ah serta kegiatan outbond sebagai rangkaian akhir kegiatan.

Kegiatan MABIT Gelombang I ini menargetkan mahasiswa kelas mentoring A sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan potensi yang dimilikinya sehingga nantinya akan memunculkan kesadaran dan tanggung jawabnya untuk menjadi mentor kedepannya, sekaligus menjadi contoh bagi kelas lainnya untuk lebih fokus dan serius menjalani kegiatan mentoring yang rutin dijalankan setiap pekannya.

Materi pertama dalam kegiatan MABIT membahas terkait Ideologi Muhammadiyah, materi ini disampaikan oleh Wakil Dekan II FISIP UMJ, Bapak Djoni Gunanto S.IP., M.Si., penyampaian beliau yang lugas mampu direspon oleh peserta dengan baik dan memunculkan beberapa pertanyaan kritis. Kemudian materi kedua membahas terkait Ibadah sesuai tuntunan Rasulullah ﷺyang dibawakan oleh Bapak M. Reza Prima Matondang, M.E. Kemudian materi ketiga membahas berkenaan dengan Kampus Islami, yang dibawakan oleh Bapak Adlan Fauzi Lubis, M.Pd.I.

Rangkaian acara setelah materi dilanjutkan dengan salat maghrib kemudian diselingi dengan tilawah Qur’an masing-masing peserta dalam kelompoknya di dalam Masjid At-Taqwa hingga adzan isya’ berkumandang. Ba’da shalat Isya peserta dipersiapkan untuk penampilan pentas seni masing-masing kelompok dengan kriteria penampilan sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh panitia. Pukul 03.00 WIB peserta diwajibkan mengikuti rangkaian kegiatan Qiyamul Layl di masjid At-Taqwa dan dilanjutkan bedah tafsir Qur’an dengan didampingi instruktur masing-masing kelompok hingga adzan Subuh berkumandang. Setelah shalat subuh, peserta kembali membentuk lingkaran dan melanjutkan tadarus Qur’an hingga pukul 06.00 WIB. Semula rangkaian acara akan diadakan kegiatan outbond, namun dikarenakan cuaca yang kurang mendukung, akhirnya diganti dengan senam pagi dan games di Green Park UMJ.

Kegiatan MABIT kemudian ditutup dengan Laporan dari Master of Training (MOT) Ali Izah Robbani, ketua pelaksana Dian Fitriani dan ketua UPP AIK FISIP UMJ Bapak Mulkan Habibi S.Kom.I. M.IKom. yang sekaligus penyerahan hadiah peserta terbaik hingga kelompok terbaik, adapun peserta terbaik ikhwan diraih oleh Shohib Heru Pratama, sedangkan peserta terbaik akhwat diraih oleh Shohibah Putri Hana Nurhasanah.

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.