LPP-AIK UMJ Lakukan Pembinaan Tenaga Kependidikan melaui Baitul Arqam

Jakarta, (6-7/09/2024). Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP-AIK) Universitas Muhammadiyah Jakarta selenggarakan Pembinaan bagi Tenaga kependidikan melalui kegiatan Baitul Arqam.

Baitul Arqam diikuti oleh 46 peserta dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UMJ), Baitul Arqam kali ini mengusung tema “Membangun Pemahaman Keagamaan Menurut Muhammadiyah Bagi Tendik UMJ”. Para peserta mengikuti kegiatan selama dua hari bertempat Aula Fakultas Kedokteran dan Kesehatan juga Rusunawa UMJ.

Ketua LPP-AIK, Drs. Fakhrurazi, M.A. mengatakan Baitul Arqam ini merupakan sesi kedua untuk tendik. Acara ini merupakan bentuk pembinaan Al-Islam dan kemuhammadiyahan bukan hanya untuk tendik saja tetapi juga Dosen dan mahasiswa.

“Baitul arqam adalah pelatihan dan pembinaan pemahaman kemuhammadiyahan. Peserta bisa menjadi lebih mendalami ilmu yang kemudian kinerjanya di amal usaha Muhammadiyah juga meningkat sehingga bisa mencapai tujuan bermuhammadiyah yang baik,” ujarnya.

Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si. mengatakan dalam sambutannya, agenda ini bukan hanya berfokus pada pemahaman nilai-nilai kemuhammadiyahan saja tetapi juga bagaimana cara penerapannya di kehidupan sehari hari.

“Saya berharap ada hal yang berubah setelah mengikuti ini. Selain menerapkan nilai-nilai kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari hari terpatri di hati kita rasa kepemilikan UMJ karena majunya UMJ menjadi majunya bapak dan ibu tendik ,” ungkap Ma’mun.

Materi Baitul Arqam fokus pada materi pemahaman mengenai Al-Islam (Tauhid dan Ibadah), Kemuhammadiyahan, Kepemimpinan dan Organisasi, wawasan dan kemampuan dalam bekerja, serta diskusi berkelompok. Turut hadir dalam pembukaan para Wakil Rektor, dan Dekan di lingkungan UMJ, Dekan FT, FISIP dan Ftan.

Sumber : umj.ac.id

Written by