UMJ Selenggarakan Tes Kompetensi AIK Bagi Karyawan dan Dosen UMJ

Oleh : Anggi Ramdani

Jakarta, 10 Agustus 2024 — Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya insani di lingkungan kampus, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) selenggarakan Tes Kompetensi AIK bagi seluruh karyawan dan Dosen di UMJ. Pelaksanaan Tes dibagi menjadi 2 pekan, pekan pertama dilaksanakan bagi seluruh karyawan pada tanggal 5-9 Agustus 2024, dan mendatang akan dilaksanakan tes AIK bagi dosen  pada tanggal 12-16 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk asessmen dan pemetaan kompetensi karyawan dan dosen dalam bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, yang didalamnya dikonsentrasikan khusus pada bacaan Al-Qur’an (Tajwid, Makhraj & Kefasihan), Hafalan Al-Qur’an serta praktik Ibadah sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si, dalam sambutannya saat breafing dengan para penguji menyatakan, “Tes kompetensi ini merupakan salah satu langkah strategis pimpinan untuk memastikan bahwa seluruh karyawan memiliki kemampuan yang sesuai dalam bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Harapan dengan adanya tes ini dapat mendeteksi siapa saja yang belum mahir dalam membaca Al-Qur’an, dan ibadahnya masih belum-belum sesuai. Sehingga nanti dapat ditindak lanjut oleh LPP-AIK agar dilakukan pembinaan intensif pada hari jum’at (jum’at for AIK) khsususnya dalam kemampuan membaca Al-Qur’an ini”, ungkapnya.

Ketua LPP-AIK UMJ Drs. Fakhrurazi juga mengungkapkan bahwa, “Hasil pemetaan ini nanti akan terlihat pada data penilaian ada baik, kurang ataupun yg tidak bisa. Bagi yang tidak bisa dan kurang ini maka akan ada pembinaan. Selanjutnya Insyaa Allah akan diadakan tes ulang, diharapkan semua tendik dan dosen memperoleh kompetensi yang baik. Dan ini merupakan perwujudan yang akan dicapai dengan visi Islami UMJ”, pungkasnya.

Tes Kompetensi akan berlangsung hingga pekan selanjutnya sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Ka.Biro Sumber Daya Insani, Insyaa Allah Tes Kompetensi AIK untuk dosen akan berlangsung pada 12-16 Agustus 2024.

Written by